sistem informasi
suatu sistem informasi dapat
didefinisikan secara teknis sebagai satuan komponen yang saling berhubungan
yang mengumpulkan (atau mendapatkan kembali), memproses, menyimpan dan
mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan kendali
dalam suatu organisasi. sistem informasi
dapat juga membantu para manajer dan karyawan untuk meneliti permasalahan,
memvisualisasikan pokok-pokok yang kompkleks dan menciptakan produk baru. sistem
informasi berisi informasi tentang orang-orang tertentu, tempat tempat dan
halhal didalam organisasi atau dilingkungan sekitarnya. (loudon-loudon)
top manajer (manajer
puncak)
top manajer berfungsi mencermati dan
mengidentifikasi arti bagi beragam situasi yang dihadapi oleh organisasi, membuat
keputusan, dan merumuskan rencana aksi untuk memecahkan masalah organisasi.
para manajer menghadapi tantangan bisnis dalam lingkungannya, mereka menetapkan
strategi organisasi untuk menjawab dan mengalokasikan sumber daya manusia dan
keuangan untuk mencapai strategi dan mengkoordinasi pekerjaan.
Manajer puncak merupakan inti
manajemen. sebagai inti manajemen kepemimpinan manajemen puncak sangat
berpengaruh terhadap efektivitas sistem informasi yang digunakan dalam
organisasi sebagaimana juga pengaruhnya tehadap efektivitas berbagai sistem lai
dalam organisasi. salah satu alasannya utamanya adalah karena salah satu
peranan dari orang-orang yang menduduki jabatan pimpinan dalamorganisasi ialah
peranan informasional. dalam memainkan perananinformasional tersebut pimpinan
organisasi dapat bertindak selaku:
1.
pencipta sistem informasi
2.
penerima informasi
3.
penyalur informasi
4.
pemakai informasi
5.
penilai informasi
siagian
(2002)
Manajer puncak merupakan kelompok
kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi. jabatan yang berada
dalam kelompok ini termasuk presiden, wakilnya, dan CEO. manajer puncak
menciptakan tujuan organisasi, strategi keseluruhan dan kebijakan operasional.
(griffin, 2003)
budaya organisasi
budaya organisasi adalah serangkaian
nilai,keyakinan,perilaku, kebiasaan,dan sikap yang membantu seorang anggota
organisasi dalam memahami prinsip-prinsip yang dianut oleh organisasi
tersebut,bagaimana organisasi tersebut melakukan segala sesuatu, dan apa yang
dianggapnya penting. (griffin, 2003)
EmoticonEmoticon