PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE)
TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA KIJANG INNOVA
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh citra merek (brand image) terhadap pengambilan keputusan
pembelian mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla cabang Polman.
Penelitian ini dilaksanakan di PT. Hadji Kalla cabang
Polman. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi,
wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik
berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan
metode analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu
uji F dan uji t. Kemudian menggunakan perhitungan korelasi untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh dan signifikansi citra merek (brand image) terhadap
pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota Kijang Innova.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra
merek (brand image) yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek,
kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota Kijang Innova
pada PT. Hadji Kalla cabang Polman. Diperoleh persamaan Y = 0,264X1 + 0,353X2 + 0,276X3, yang memiliki
arti bahwa variabel citra merek (brand image) yang terdiri dari
keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji
statistik bahwa variabel citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi
merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek secara bersama-sama
(simultan-uji F) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel keputusan
pembelian. Berdasarkan uji t, hasil yang diperoleh bahwa semua variabel citra
merek (brand image) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar
0,565. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 56,5% Keputusan Pembelian konsumen
terhadap pembelian mobil Toyota Kijang Innova dipengaruhi oleh variasi dari
ketiga variabel independen, yaitu keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi
merek, keunikan asosiasi merek, Sedangkam sisanya sebesar 43,5% dipengaruhi
oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti.
Kata kunci: Keunggulan Asosiasi Merek, Kekuatan Asosiasi Merek, Keunikan
Asosiasi Merek, dan Keputusan Pembelian.
EmoticonEmoticon