PENGARUH CITRA MEREK, DESAIN, DAN FITUR PRODUK
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA
Abstraksi
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek, desain dan
fitur produk terhadap keputusan pembelian produk ponsel Nokia pada mahasiswa
Universitas Diponegoro Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe
eksplanatory research. Sampel diambil sebanyak 100 responden, yakni konsumen
yang menggunakan ponsel Nokia dan merupakan mahasiswa S1 Universitas Diponegoro
Semarang. Sampel ditentukan dengan menggunakan accidental sampling. Teknik
analisis data menggunakan regresi linier dan menggunakan SPSS versi 20. Dari
hasil penelitian diketahui bahwa secara signifikan citra merek ternyata
berpengaruh positif yang berarti setiap perubahan besar terhadap citra merek
akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Nokia, hal ini ditunjukan
dengan koefisien regresi sebesar 0,583. Selain itu secara signifikan desain
produk berpengaruh positif, hal ini ditunjukan dengan koefisien regresi sebesar
0,484, dan untuk fitur produk secara signifikan berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian, dengan koefisien regresi sebesar 0,798. Sedangkan secara
bersama-sama, citra merek, desain dan fitur produk berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan regresi linier berganda dari citra
merek sebesar 0,365, desain produk sebesar 0,108 dan fitur produk sebesar
0,396.
Kata kunci: Citra Merek, Desain Produk, Fitur
Produk dan Keputusan Pembelian
EmoticonEmoticon